Mesin Pendingin (Refrigerasi)

  Mesin pendingin dengan berjalanya waktu semakin banyak digunakan dan dimanfaatkan.penggunaan mesin pendingin ini pada umunya di gunakan untuk mengawekan makanan.pada suhu biasa makan akan cepat busuk karena pada suhu biasa bakteri cepat seklai berkembang untuk menangani hal ini makanan di dinginkan pada suhu 4 derajat bakteri untuk berkembang lama sehingga makanan tidak cepat membusuk.jadi dalam hal ini mengawetkan makan dengan di dinginkan.

  Pengaplikasian Mesin Pendingin yang lain adalah sebagai Penyejuk ruangan,mendinginkan minuman,dan keperluan yang lain .mesin pendingin in banyak di gunakan untuk ibu ibu rumah tangga untuk mendinginkan sayuran,susu,daging agar tahan lebih lama.kalao di gunakan dalam rumah tangga hanya lingkup kecil saja,hal ini juga sering di gunakan untuk mendinginkan ikan hasil penagkapan nelayan,pengangkut barang dengan jalur laut semua hal ini di khusukan untuk mengawetkan .sekarang semakin banyak orang menggunakanmesin pendingin untuk mendinginkan ruangan karena indonesia beriklim panas.

Mengapa Ruangan Menjadi dingin??

"dingin " akibat adanya pepindahan panas.mein pendingin menghasilkan dingin dengan cara menyerap panas dari udara yang ada dalam ruangan sehingga suhu di ruangan tersebut turun menjadi dingin.bahan yang mudah sekali menguap di pilih untuk bahan dalam mesin mesin pendingin biasanya di sebut dengan refrigerant.
dalam pemakaianya refrigerant di guanakan dalam bentuk berubah ubah dalam bentuk cairan dan gas.pada kopresor tekanan dan panasnya di naiakn kemudian uap panas tersebut di dinginkan di kondensor sehingga menjadi cair dan pada evaporator cairan di kurangi tekananya sehingga menguap dan menyerap panas dalam ruangan.dan proses ini terus berulang.dalam sistem pendinginan ini refrigeran akan tetap walalpun berubah bentuk .

Dalam mesin pendingin mempunyai dasar dan fungsi masing masing yaitu:
  1. Kopresor Unit.  kompresor unt terdiri dari motor penggerak dan kompresor.kompresor bertugas untuk menghisap dan menekankan refrigeran sehingga refrigeran beredar dalam unit mein pendingin.sedangkan motor berfungsi untuk memutar kompresor.  
  2. Saringan biasanay saringa terdiri dari silica gel dan scree. silica gel berfungsi untuk menyerap kotorran seangkan screeen berfungi sebagai menyaring kotoran dalam sistem misalnya timah dll. saringan ini sangat berguna gara bila ada kotoran yang masuk tidak akan mengotori sistem dan sisitem mejnadi aman.
  3. Pipa Kapiler .berfungsi sebagai menurunkan tekanan dan mengatur jumlah refrigeran yang mengalir.diameter pipa kapiler tergantung kapasitas mesin mendingin tersebut. untuk penggunaan pipa kapiler akan mempermudah pada waktu start. karena dengan menggunakan pipa kapiler pada sistem tidak bekerja tekanan pada kondesor dan evaporator sama.
  4. Evaporator berfungi sebagai evaporasi . proses perubahan refrigeran dari uap menjadi cair.
  5. Kondensator berfungsi sebagai Kondensi  .proses  peruabahn refrigeran dari cair menjadi uap.                         
untuk terjadi prose pendinginan di gunakan bahan dingin /refrigeran untuk prose pendingianan di pelukan suatu bahan yang di mudah di rubah dari gas menjadi cair atau sebaliknya.maka dalam hal ini di per              
lukan bahan yang karakteristrinya termodinamika.dapun syarat sayaratnya yaitu:
  • Tidak beracun dan tidak berbau .
  • Tidak dapat di bakar atu meledak bila di campur dengan udara ,pelumas dsb.
  • Bila terjadi kebocoran mudah di cari.
  • Tidak meneybakan korosi pada bahan logam den sejenisnya.
  • Mempunyai titik didih dan tekanan kondensasi yang rendah.
  • Tidak merusak tubuh manusia.harganya murah dan mudah di peroleh.
  • dan sebagainya.

 dalam penggunanya banya yang mmenggunakan bahan CFC namun bahan ini dapat merusak lingkungan ,dan dapat merusak lapisan ozon yang di rusak oleh gas gas klorine.dan sekarang di guanakn bahan Freon,bahan ini relatif lebih ramah lingkungan di bandingkan CFC.Apakah ada bahan yang lebih baik dari freon?????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar