Setrika Listrik

         Setrika listrik adalah peralatan listrik rumah tangga yang tergolong dalam peralatan pemanas berdaya rendah.prinsip kerja setrika listtrik pada dasarnya mengubah energi listrik menjadi energi panas melalau elemn pemanas dan di kumplkan pada pengumpul panas dan di gosokan pada objek yang akan di seterika.
jenis setrik listrik itu ada 2 yaitu
1.Setrika jinjing
  •  Tanpa pengatur panas .setrika ini terdapat banyak waktu dulu yang masih menggunakan manual
  •  Menggunakan pengatur panas.setrika ini sudah banayak di gunakan rumah tangga di zaman                sekarang,setrika ini bekerja atas kerja otomatis pada thermostat.
  •  Dengan upa air : seterika ini tingkatan tertinggi pada dari seterika listrik pada rumah tangga . seterika listrik tersebut sudah menggunakan otomatis dalam pemanasnya di tamabh uap air untuk mewangini pakaian.
2.Setrika listrik besa
  • Roll iron
  • Press iron
pada umunya seterika jinjing di gunakan untuk keperluan rumah tangga saja karena berdaya kecil dan kemampuanya pun kecil namun untuk seterika listrik besar di gunakan pada hotel hotel,rumah sakit dan lain lain.
 kostruksi dan fungsi bagian bagian pada seterika listrik:
  1.  Elemen pemanas                                                                                                                             adalah sumber energi panas atau sebagai penghasil panas pada seterika listrik berupa kawat nekelin yan berbetuk pipih yang dililitkan pada lembaran mika sehingga berbetuk sedemikian rupa pada als seterika listrik.cara kerjanya keteika sumber listrik mengalir pada kawat nikelin maka kawat nikelin akan menghasilkan panas.
  2. Besi pengumpul panas                                                                                                                adalah alas pada seterika listrik sebagai tumpuan dalam menyetrika .alas ini di lengapi dengan anti karat dan anti lengket sehingga dalam mnyetrika pada objek tidak akan lengket dan objek tersebut tidak akan rusak
  3. Pengatur panas                                                                                                                           adalah sebagai pengatur panas secara otomatis menggunakan bantuan dari komponen thermostat yang tersusun dari bahan bimetal.cara kerjanya yaitu bila panas sudah melebihi kapasitas maka pada lemepengan bimetal akan membengkok dan panas akan terrputus.
  4. Terminal dan Kabel penghubung terminal                                                                                          berfungsi sebagai tempat menghubungkan sumber listrik dengan rangkaian seterika listrik.kabel berfungsi sebagai penyalur listrik dari sumber maupun dalam rangkain listrik
  5. Besi pemberat                                                                                                                            berfungsi agar dalam menyetrika listrik terdapat tekanan yang berakibat pada objek menjadi tertekan dan akan lebih rapi.

4 komentar:

setrika uap mengatakan...

makasih banyak articelsnya gan

setrika uap mengatakan...

salam kenal juragan

setrika uap mengatakan...

sip artikelnya

setrika uap laundry mengatakan...

bagus gan

Posting Komentar