Arus Listrik


Sebelum kita bicara masalah instalasi dan pemanfaatan tenaga listrik kita ketahui dulu dari mana listrik berasal.
Kalo kita ketahui listrik ada di sekitar kita. Mereka mengaliri penghantar yang ada di rumah kita. Klo kita kita pikir listrik itu kita sebut MAKHLUK GAIB Kanapa saya menyebutnya demikian? Karena listrik itu tidak bisa di lihat, tidak bisa di pegang  tapi kalao kita terkena listik nyawa kita bisa melayang. Seperti makhluk Gaib juga mereka  tidak bisa di lihat tidak bisa di pegang tapi klo seandainya kita kena hati-hati ajah  dech....

Secara sepintas arus listik itu dapat di bandingkan dengan arus air .tetapi ada perbedaan pokok : dalam arus air yang mengalir molekul moleklu air tapi kalo arus listrik yang mengalir adalah elektron elektron.
Arus listrik timbul akbiat ada lompatan elektron dari satu atom ke atom berikutnya yang bergerak di sepanjang penghantar .

elektron ini berpindah tapi kita anggap ini tidak berpindah karena kecepatanya kira kira 300.000km/detik sama dengan kecepatan cahaya jadi kita tidak dapat melihat perpindah elektron tersebut.
Arus listrik itu mengalir dari kutub positif menuju ke kutub negatif.arus listrik mengalie pada penghantar klo kita ketahui penhanatr iru ada 2 macam :
  1. konduktor adalah penhanatar yang dapat dia aliri arus listrik dengan baik
contoh: tembaga,kawat,besi,dll
  1. semi konduktor adalah semi konduktor adalah penghanatar yang tidak baik atau setengah penghantar penghantar ini bias di golongkan dengan penyekat atau isolator contoh germanium  .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar