Alat penghasil tenaga listrik


Listrik merupakan kebutuhan setiap manusia . tak ada listrik tak ada pula kegiatan manusia jadi setiap keperluan,kebutuhan,segala aktifita membutuhkan tenaga listrik . jadi listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus di penuhi . klo kita ketahui mesin atau alat penghasil listrik itu
a.      GENERATOR
Generator tu salah satu mesin penghasil energi listrik . cara kerjanaya mengubah energi mekanik menjadi energi listik ,energi mekanik di peroleh dari mesin penggerak seperti mesin diesel,turbin. Tapi generator secara umum berfungsi unruk mensuplai arus listrik pada system kelistrikan. listrik pada generator menggunakan prinsip induksi yaitu apabila terjadi perpotongan medan magnet dengan penghantar, maka pada penghantar akan timbul gaya gerak listrik.Generator AC disebut juga Alternator
b.      AKUMULATOR (ACCU)
Klo kita ketahui sebenarnya akumulator tuh hanya sebagai tempat pengisian listrik .tapi kalao menurut saya accu jga sebagi sumber tenaga listriik karena mensuplai rangkaian listrik . hanya accu tidak menghasilkan listrik secara langsung harus melalui pengisian terlebih dahulu. Yang pasti akaumulator energi listrik di ubah menjadi energi kimia dan di ubah lagi menjadi energi listrik.
c.       BATERAI
Baterai adalah alat listrik-kimiawi yang menyimpan energi dan mengeluarkan tenaganya dalam bentuk listrik. Kita pasti ketahui baterai yang ada mempunyai tegangan 1,5 volt,baterai berbentuknya macam macam ada yang kotak ,ada yang sekuder dan lain lain.
Baterai ada 2 macam bateri primer yaitu baterai yang sekali pakai saja dan baterai sekunder baterai yang dapat di isi ulang. Yang pasti baterai merubah energi kimia menjadi energi listrik. Ini di sebut juga penghasil tenaga listrik walapun kisaranya kecil sekali yang pasti dapat sistem kelistrikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar