Pembangkit Listrik Tenaga Matahari (fotovoltaik)

Matahari merupakan sumber enrgi utama,namun belum banyak di manfaatkan dalam berbagai bidang.pemanfaatannya sudah namun belum maksimal bagi kehdupan manuisa,pemanfaatannya hanya sekedar sebagai pengring pakaian ,pengering padi dan lain lain.walapun sudah ada pembangkit listrik tenaga surya/matahari namun belum maksimal hannya sebagaian daerah saja.
matahri dapat di manfaatakan sebagai energi listrik dengan menggunakan sebuah sel surya,energi sangat diperlukan oleh manusia pada zaman modern ini yang serba elektronik.
Teknologi yang memanfaatkan matahari dengan sel surya di namakan sel surya di sebut fotovoltaik,sel surya terbuat dari bahan silikon yang di lapisi bahan kimi khusu.krtika sinar matahari menyinari sel maka elektron elektron di lepaskan dan mengaliri ke selluruh lapisan lapisan kimia yang ada di permukaan sel sehingga menghasilkan arus  listrik  yang kecil yang di himpun di dalam konduktor logam.apabila banyak sel surya makan akan menghasilakn arus listrik yang besar kan.!!
satu unit fotovoltaik terdiri dari beberapa sel surya.ini sangat bermanfaat bisa di gunaakan untuk menghidupkan listrik untuk satu rumah saja.
di indonesia penggunaan atau pembangkit listrik tenaga matahari sudah mulai berkembang hanya di desa pedalaman saja yang sulit di jangkau oleh orang maka dengan menggunakan pemanfaatan energi matahari ini sebagai pembangkit sangart berguna sekali dan mendorong unttuk mengurangi bahan bakar fosil. apakah di tempat tinggal anda sudah ada pembangkit listrik tenaga matahri??? dan kalo bisa di jelaskan penggunaannya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

efisiensinya kecil sekali. selain itu energi harus dikonversikan kembali dari panas menjadi listrik. dari pengkonversian itu saja sudah banyak energi yang terbuang. jadi efisiensinya pun berkurang. oleh karena itu penggunaannya sangat terbatas.

Posting Komentar