Transformator



                 Transformator atau yang sering kita kenal tarfo pada umunya di gunakan untuk sistem tenaga listrik namaun sekarang banyak rangkaian elektronokia yang menggunakan trafo.
dalam ketenaga listrikan trafo di gunakan untuk memindahkan tenga listrikk dari satu rangkaina dengan rangkaian lain tanpa merubah frekuensi.tarfo yang di gunakan dalam jaringan di bagi atas
1.Trafo step up atau di kenal sebagai trafo penaik tegangan. taro ini sering di gunakan di pembangkit pembangkit listrik tenaga listrik di naikan agar tenaga listrik tidak habis dalam tranmisi atau perjalanan oleh rugi tegangan.trafo step up memiliki lilitan sekunder lebih banyak di bandingkan lilitan primer.
2.Trafo step down atau sering di kenal trafo penurun tegangan trafo ini sering kita lihat di dalam tranmisi jaringan tegangan menenggah. tegangan menegh ini di turunkan tegangganya menggunakan trarfo srep down agar dapat di salurkan kerumah rumah.trao step down lilitan primer lebih banyak dari pada lilitan sekunder.


              trafo pada sistem tenaga untuk kapasitas esar di hubungkan tiga fasa dan untuk kapasitas kecil di hubungkan satu fasa.namun pada rangkaiann elelktronika trafo di gunakan untuk gandengan impedans antara beban dan impedansi,memisahkan stu rangkaian dengan rangkaian lainya dan lain lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar