Generator DC

   Generator DC adalah alat atu mesin yang mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik. bila suatu penghantar di letakan diantara kutub kutub magnit maka pada magnit tersebut akan timbul ggl(garis gaya listrik).
arah arus ggl tersebut di tentukan dengan kaidah tangan kanan.

Bila tangan kanan di pampakan sedemikian rupa maka gari fluksi flusi magnit jatuh pada telapak tangan dan ibu jari sebagai gerakan (penyebab) dan jari jari yang lain menunjukan arah GEM dengan demikian arah induksi magnetik.

Dalam Generator DC besaran ggl selalu berubah ubah .tegangan yang berubah ubah dinamakan tegangan bolak balik dan arusnya dinamakan arus bolak balik.
satu putaran kumparan dinamakan atu peiode dan satu periode tiap detiknya dinamakan dengan frekuensi.
untuk mendapatkan aliran arus dari Generator DC maka di beri sebuag cincin yang terbuat dari tembaga yang tersekat satu sama lain yang telah dihubungkan dengan bagian luar.
untuk mendapatkan arus searah maka cincin tersebut diganti dengan belahan cincin dengan demikian tegangan akan di putar pada saat kumparan pada saat mendatar yaitu pada saat kumparan posisi nol.dengan demikian arus searah akan mengalir keluar dan dalam kumparan tetap mengalir arus bolak balik.
pembalik arus ini dinamakan komutator.
komutatordalam bentuk Generator DC  ini terdiri dari 2 buah gelang yang telah tersekat satu sama lain yang telah di hubungkan dengan ujung ujung kumpara.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

aduh... bisa2 sya kesetrum nih disini...(nuril)

awaludin nurrofiq mengatakan...

hehehehhehehe.....

Posting Komentar