MCB (Miniatur circuit breaker)

Setiap orang menginstalasi rumah ingin instalasinya bagus dan aman . bagus dalam tata letaknya dan ama dalam kemanan instalasi tersebut bila terjadi gangguan. yang paling utama adalah keamananya karena banayak instalatur ataupun sebuah industri yg bergerak menghasilkan produk pengaman instalasi atau kita sebut saja MCB ( miniatur circuit breaker ) banyyak yang tidak menjamin ke amanan atau sbut saja asal asalan dalam pembuatan atau tidak bersetandar PLN .
Kalao kita ketahui MCB sebagai pengaman sangat berfungsi sebagai pengaman listrik dari hubung singkat atau dari beban lebih.. MCB biasanya digunakan oleh PLN sebagai pembatas daya pada pelanggan pelanggan daya rendah (daya 450VA - 33.000VA). Letaknya dibawah kWh meter dan didalam panel bagi instalasi (biasanya didalam ruangan).
mcb juga bisa di gunakan untuk pembagi daya fungsinya bila terjadi kerusakan ridak terlalu repot untuk mencari kerusakan di dalam sebuah instalasi .

Berdasarkan konstruksinya, maka MCB memiliki dua cara pemutusan yaitu : pemutusan bersarkan panas dan berdasarkan elektromagnetik.
Pemutusan berdasarkan panas dilakukan oleh batang bimetal, yaitu : perpaduan dua buah logam yang berbeda koefisien muai logamnya. Jika terjadi arus lebih akibat beban lebih, maka bimetal akan melengkung akibat panas dan akan mendorong tuas pemutus tersebut untuk melepas kunci mekanisnya.
Pemutusan berdasarkan lektromagnetik dilakukan oleh koil, jika terjadi hubung singkat maka koil akan terinduksi dan daerah sekitarnya akan terdapat medan magnet sehingga akan menarik poros dan mengoperasikan tuas pemutus. Untuk menghindari dari efek lebur, maka panas yang tinggi dapat terjadi bunga api yang pada saat pemutusan akan diredam oleh pemadam busur api (arc-shute) dan bunga api yang timbul akan masuk melalui bilah-bilah arc-shute tersebut.
Keuntungan sebuah pengaman otomatis adalah dapat segera digunakan lagi setelah terjadi pemutusan, dalam pengaman otomatis terdapat kopeling jalan bebas karena kopeling ini otomatnya tidak bisa digunakan kembali kalau gangguanya belum diperbaik . biasnya di MCB ada tulisan CL2(450VA), CL4(900VA),
CL6(1300VA) or CL10(2200VA).. dll...
Tapi ingat yach daya yg terpasang biasanya dibawah daya maksimum.. kalo daya terpasang 900VA ambil 70-80 persen saja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar